Dhamma Camp Remaja Vihara Ariya Dipasena

Kegiatan Api Unggun disaat Dhamma Camp

Vihara Ariya Dipasena bersama dengan Mahasiswa PPL Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Posko 5 menyelenggarakan Dhamma Camp pada tanggal 20-21 November 2021. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari satu malam dengan peserta Muda-Mudi Vihara Aiya Dipasena sebanyak 28 orang.

Kegiatan pada hari Sabtu, 20 November 2021 dimulai pada pukul 12.00 WIB. Peserta datang dan registrasi ulang. Kegiatan Dhamma Camp resmi dibuka pada pukul 13.00 WIB bertempat di Dhammasala dengan pembacaan Namakara Patha. Setelah pembukaan dilaksanakan materi 1 dengan judul “Who am I” yang dibawakan oleh Mahasiswa PPL Nora dan Wenni. Materi 1 selesai pukul 14.45 yang dilanjutkan dengan Coffee break dan Ice Breaking.

Materi 2 Debat Kelompok dimulai pukul 15.15 WIB dengan kasus “Berbohong Demi Kebaikan” yang dipandu dengan Jinawan dan Dhidit. Pada sesi ini peserta dibagi menjadi dua kelompok yang menjadi tim pro dan tim kontra.

Kegiatan Diskusi Bersama
Keseruan saat Dhamma Camp

Pukul 18.00 WIB dilaksanakan Materi 3 dengan tema Insecure (rasa tidak percaya diri) melalui Konseling Kelompok yang dipandu oleh Donny dan Suprianto. Pada materi 3 peserta di bagi menjadi 4 kelompok beranggotakan 6-7 orang bersama dengan 2 panitia sebagai pemandu sesi konseling setiap kelompoknya. Rangkain kegiatan dihari pertama ditutup dengan pentas seni dan api unggu hingga pukul 22.30 WIB. Setelah itu peserta istirahat.

Hari kedua tanggal 21 November 2021 mulai pada pukul 06.00 WIB peserta melaksanakan chanting pagi dan senam perenggangan. Setelah peserta sarapan mereka diminta untuk bergabung dalam kelompoknya dan membuat yel-yel. Pukul 08.00 WIB di mulai Outbound yang terbagi menjadi 4 pos dan 6 games. Outbound yang telah disusun panitia berupa permainan interaktif yang mengajak peserta untuk aktif berpikir dan bergerak. Permainan-permainan nya adalah tebak gambar, jembatan bola, pijak bumi, Mana nih temen?, jaga lilin, dan relay tepung. Rangkain kegiatan Dhamma Camp ditutup dengan pembagian hadiah dan foto bersama. Kegiatan ini berlangsung dengan baik dan peserta sangat antusias.

Foto Bersama Remaja Ariya Dipasena

Semoga dengan dilaksanakannya Dhamma Camp Vihara Ariya Dipasena bersama Posko 5 PPL STABN Sriwijaya dapat memperkuat karakter Buddhis dan mempererat kebersamaan sebagai muda mudi Buddhis.

Penulis : Wenni
Dokumentasi : Panitia Dhammacamp

Share this post